SELAMAT DATANG DI WEBSITE SATGAS KIZI TNI KONGA XX-J/MONUSCO - KEHORMATAN BANGSA DI PUNDAK KITA - PADAMU NEGERI JIWA RAGA KAMI

Pages - Menu

Kamis, 14 Februari 2013

DANSATGAS HADIRI UPACARA PENGGABUNGAN FARDC DALAM SATGAS OPERASI GABUNGAN AFRICON DI FARDC CAMP



Dalam rangka pemberantasan LRA (Lord’s Resistance Army), pemerintah dari beberapa negara di benua Afrika yang tergabung dalam AFRICON (African Union) mengelar operasi militer gabungan. Operasi ini akan mengerahkan pasukan gabungan angkatan bersenjata dari tiga negara yaitu Uganda, RDC (Republic Democratic of Congo) dan Sudan Selatan. FARDC (Force Armed Republic Democratic of Congo) mengirimkan 500 pasukannya untuk bergabung dalam misi ini.

Upacara penggabungan pasukan FARDC dalam Satgas Operasi Militer Gabungan AFRICON ini dilaksanakan di FARDC Sektor Rudia II Camp, Dungu pada hari Rabu (13/2/2013). Turut hadir beberapa pejabat baik dari sipil PBB maupun dari Militer diantaranya Mr. Moussa Abou (Special Representation Secretary General UN), Mr. Duta Medeira (Utusan AFRICON untuk masalah LRA), Brigjen Md Anisur Rahman (Ituri Brigade Commander), Mrs. Cicile Piazza (Head of Office Monusco), Jenderal Amuli Bahigwa (Kepala Operasi mewakili Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan RDC) dan Komandan dari masing-masing kontigen militer yang bertugas di Kongo termasuk Komandan Satgas Kizi TNI Konga XX-J, Letkol Czi irfan Siddiq. Pelaksanaan upacara ini berjalan dengan hikmat dan lancar.
Dalam upacara tersebut, Mr. Moussa Abou (Utusan Khusus Sekjen PBB) mendapatkan kesempatan memberikan pidato. Dalam pidatonya, beliau mengatakan upacara penggabungan ini merupakan tonggak penting dalam memerangi LRA. Pemberantasan LRA harus dilaksanakan karena selama ini LRA telah menganggu stabilitas keamanan di RDC, melakukan terror kepada warga sipil, merusak lingkungan hidup dan melanggar HAM. Beliau menyebutkan pula bahwa pasukan akan memiliki tiga tugas utama yaitu perlindungan warga sipil, pengamanan rute strategis dan operasi pengejaran terhadap LRA yang dibagi dalam beberapa unit khusus.
Pelaksanaan upacara ini diakhiri dengan penyerahan bendera kebangsaan RDC dari Jenderal Amuli Bahigwa kepada Mr. Duta Medeira (Utusan AFRICON) sebagai simbol bahwa FARDC resmi bergabung dalam operasi militer gabungan AFRICON dan defile dari pasukan FARDC.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar