SELAMAT DATANG DI WEBSITE SATGAS KIZI TNI KONGA XX-J/MONUSCO - KEHORMATAN BANGSA DI PUNDAK KITA - PADAMU NEGERI JIWA RAGA KAMI

Pages - Menu

Minggu, 17 Maret 2013

SATGAS ZENI TNI IKUTI CONTINGENT TRAINNING CAPSUL



Kontingen Garuda XX-J/Monusco yang saat ini ditugaskan di wilayah Dungu, Kongo mengikuti penataran CTC (Contingent Trainning Capsul) selama 5 hari (12 s.d 16 Maret 2012), bertempat di Guasfor Camp (Guatemala Spesial Force). Pelatihan ini diikuti oleh perwakilan perwira dan bintara dari seluruh kontingen yang terlibat dalam misi perdamaian PBB di Kongo.

Progam kegiatan pelatihan CTC rutin diselenggarakan setiap setahun sekali oleh PBB. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk menyiapkan para anggota Satgas yang ditugaskan ke daerah misi perdamaian agar  menjadi profesional, handal dan lebih siap dalam menjalankan tugas serta dapat mengetahui aturan-aturan atau prosedur yang telah ditetapkan oleh PBB.
Tenaga pelatih yang mengajar dalam penataran ini merupakan para instruktur profesional di bidangnya masing-masing. Adapun materi yang disampaikan adalah aturan-aturan pelibatan, pengetahuan tentang bahaya ranjau, pengetahuan mengenai hak asasi manusia, pengetahuan kesehatan, hukum dan pengarahan tentang pelecehan dan eksploitasi seksual. Dalam kesempatan ini, salah satu perwira dari Kontingen Garuda XX-J/Monusco yaitu Lettu Czi Wiranggana yang sehari-hari menjabat menjadi Komandan Peleton Jihandak juga mendapat kesempatan untuk menyampaikan materi tentang bahaya ranjau.Program pelatihan ini sebenarnya memiliki konsep “Train The Trainers” sehingga diharapkan setelah selesai pelatihan ini, para peserta dapat menyampaikan kembali kepada anggota Satgas lainnya di Kontingennya masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar